PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae var. alboglabra)

  • Fitria Eka Handayani Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman
  • Slamet Rohadi S Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman
  • Joko Maryanto Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: kailan, cocopeat, media tanam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kailan, 2) mengetahui pengaruh dosis pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kailan, 3) mengetahui pengaruh kombinasi komposisi media tanam dan dosis pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kailan. Penelitian ini dilaksanakan di screen house Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Karangwangkal, Purwokerto dengan ketinggian 110 m di atas permukaan laut pada bulan Januari sampai Februari 2016. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan 2 faktor perlakuan dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah komposisi media tanam yaitu tanah : cocopeat : arang sekam (1:1:1) (M1), tanah : cocopeat : arang sekam (2:1:1) (M2), tanah : cocopeat : arang sekam (1:2:1) (M3), tanah : cocopeat : arang sekam (1:1:2) (M4). Faktor kedua adalah dosis pupuk nitrogen, yaitu 0 kg N/ha (N0), 100 kg N/ha (N1), 200 kg N/ha N (N2), dan 300 kg N/ha N (N3). Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot tanaman segar, bobot tajuk segar, bobot tajuk kering, bobot akar segar, dan bobot akar kering. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan uji F dengan taraf kesalahan 5%, apabila terdapat pengaruh perlakuan dilanjutkan dengan DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi media tanam meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot tanaman segar dan bobot tajuk segar. Komposisi media tanam terbaik adalah media tanah,cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1 (M2). Dosis pupuk nitrogen meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot tanaman segar, bobot tajuk segar, bobot tajuk kering, bobot akar segar, dan bobot akar kering. Dosis pupuk nitrogen yang tepat adalah 100 kg N/ha (N1). Kombinasi komposisi media tanam dan dosis pupuk nitrogen meningkatkan tinggi tanaman dan jumlah daun. Kombinasi yang tepat terdapat pada komposisi media tanam tanah, cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1 dan dosis pupuk nitrogen 100 kg/ha (M2N1)

Published
2020-07-31
How to Cite
Handayani, F. E., S, S. R., & Maryanto, J. (2020). PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae var. alboglabra). Jurnal Agro Wiralodra, 3(2), 36-45. https://doi.org/10.31943/agrowiralodra.v3i2.46