PENYAKIT PADA TANAMAN PISANG DAN DISTRIBUSINYA DI WILAYAH KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

  • Ajeng Mirayanti Kusuma Universitas Jenderal Soedirman
  • Rostaman Rostaman Universitas Jenderal Soedirman
  • Marsandi K Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Penyebaran, Pisang, Intensitas, Sigatoka, Layu Fusarium

Abstract

Pisang termasuk komoditas hortikultura yang penting di Indonesia. Pisang selain mudah didapat karena musim panennya berlangsung sepanjang tahun juga sangat digemari oleh masyarakat dunia tanpa pandang usia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jenis-jenis penyakit yang menyerang tanaman pisang, 2) menentukan tingkat serangan penyakit, 3) mengungkapkan pola penyebaran penyakit tanaman pisang di Kecamatan Sumbang, kabupaten Banyumas.

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sumbang pada Desember 2014 sampai dengan Maret 2015. Penelitan ini menggunakan metode survei, yaitu suatu pengamatan atau penyelidikan yang teliti dan seksama untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan baik di daerah tertentu. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu dengan pola pengambilan sampel pada daerah pertanaman pisang yang memiliki minimal 20 rumpun di seluruh desa di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Identifikasi penyakit dilakukan di Laboraturium Mikroba Simbiotik Tanaman (MST) Bioteknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong.

Penelitian menunjukkan bahwa penyakit pada tanaman pisang adalah penyakit Layu Fusarium dan Sigatoka. Penyakit Layu Fusarium tersebar luas di seluruh desa Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, sedangkan penyakit Sigatoka tingkat serangan penyakitnya bervariasi dari rendah (0-30%), sedang (31-70%), hingga tinggi (>70%). Intensitas penyakit Sigatoka tertinggi terdapat di Desa Sikapat.

Published
2020-01-31